Sabtu, 04 Oktober 2014

5 Tips Menghemat Pemakaian Baterai di Smartphone Android

HP saat ini biasa kita kenal dengan sebutan smartphone telah hadir dengan beragam fitur yang bermanfaat. Akan tetapi, salah satu masalah penting yang dialami oleh pengguna smartphone adalah masalah baterai, mulai dari cepat habis, dikit-dikit charge, dan masih banyak lagi.

5 Tips Menghemat Pemakaian Baterai di Smartphone Android


So, apa penyebab dan tips mengatasi smartphone yang boros ? Yuk, kita bahas bersama-sama.

 


1. Jangan atur brightness menjadi auto dan terlalu terang

Penggunaan kecerahan otomatis ataupun terlalu terang tentunya dapat meningkatkan penggunaan baterai. Jadi, saran saya yaitu gunakan kecerahan yang tidak terlalu terang dan sesuai kebutuhan anda.

2. Gunakan Task-Killer 

Nah, biasanya jika kita menginstall banyak aplikasi (terutama aplikasi chatting, socmed) tentunya walaupun tidak digunakan tetap akan berjalan, makanya dapat membuat smartphone kita bekerja yang dapat mempengaruhi baterai. Saran saya, gunakan task-killer seperti Clean Master untuk menghentikan proses dilatar belakang.

3. Jika ada wi-fi, alihkan dari mobile data ke wi-fi

Berdasarkan pengalaman saya, ternyata mengakses internet menggunakan wi-fi lebih hemat baterai ketimbang menggunakan mobile data, jadi jika disekitar anda tersedia jaringan wi-fi silahkan alihkan saja, apalagi kalau gratis hehehe.

4. Jangan Gunakan Mode Getar dan Live Wallpaper

Hmm, kalau yang ini mungkin ada benarnya tapi efeknya tidak terlalu besar dalam menghemat baterai android, jadi jika bisa silahkan ganti dari wallpaper bergerak (live wallpaper) ke wallpaper biasa saja. Oh ia, jika bisa jangan gunakan vibrate mode (getar), gunakan saja ringtone, tetapi semuanya kembali ke sobat blogger jika memang perlu vibrate mode silahkan digunakan.

5. Jika signal 3G kurang, silahkan alihkan ke 2G

Bila anda berada didaerah dengan kekuatan signal 3G yang kurang maka ada baiknya untuk mengganti ke mode 2G, karena dapat membuat hape bekerja terus, efek sampingnya juga hp menjadi cepat panas.

Intinya, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan sebenarnya baterai yang cepat boros itu tergantung dari penggunanya, bisa anda bayangkan daya tahan baterai hape pada seorang yang hobi bermain game dengan yang hobi dengar musik saja tentunya daya tahannya berbeda.

Sumber gambar : Google Images

Akhir kata terimakasih dan semoga post saya tentang tips menghemat baterai android ini bermanfaat bagi anda. Tuhan Memberkati.