Minggu, 05 Oktober 2014

Ini Dia Kenapa HP Android Jadi Lag, Lemot dan Sering Restart

Ketika baru beli hp android tentunya kita merasa bahwa sangat cepat dan tidak lemot ataupun lag. Masalah muncul ketika sudah pemakaian lumayan lamah atau bisa jadi sudah beberapa bulan. Nah, pernakah anda terpikir kenapa hp android menjadi lag, lemot bahkan sering restart ? Untuk itu mari kita bahas bersama-sama.

Penyebab HP Android Menjadi Lag, Lemot Bahkan Sering Restart Sendiri


Penyebab HP Android Lemot, Lag Bahkan Restart

1. Terlalu Banyak Install Aplikasi

Bisa dikatakan saat ini android memiliki ratusan ribu aplikasi yang dapat anda download secara gratis ataupun berbayar, secara tidak sadar kita main install aplikasi yang berdampak pada memori telepon serta ram yang penuh. Hal ini, otomotasi akan memperlambat kinerja dari hp android anda.
Satu hal lagi, biasanya aplikasi chatting dan social media meskipun tidak digunakan tetap akan berjalan di background, jadi jika bisa dibatasi install aplikasi.

Jadi, intinya kebanyakan menginstall aplikasi dan menyebabkan hp android menjadi lemot.

2. Memori Internal Sudah Penuh

Keasikan mendownload gambar, mengirim file bluetooth ataupun mendownload game dengan data yang besar dapat membuat memori internal dari hp android anda cepat penuh, bahkan aplikasi social media, aplikasi browser dapat menyimpan cache yang lumayan banyak, seringkali kita tidak tahu mengapa memori cepat penuh, nah mungkin anda dapat mengecek cache yang ada di hp anda, karena memori yang penuh maka dapat mengakibatkan hp android menjadi lemot.

3. ROM Yang Belum Stabil (Ber-bug)

Ini memang jarang ditemui tetapi penggunaan custom rom maupun stockrom, seringkali membuat hp android kita menjadi lemot atau lamban, mungkin karena romnya masih banyak bug atau tidak mendukung 100% dari hardware android kita.

4. RAM (Random Access Memory) Yang Penuh

Rata-rata saat ini smartphone android telah dilengkapi dengan ram berukuran 1 GB, mungkin anda berpikir kenapa yang avaible hanya 800 MB ? yap, karena yang sisanya digunakan oleh sistem android itu sendiri. Biasanya seperti yang saya bahas pada poin 1, aplikasi yang banyak dapat membuat ram menjadi penuh.

Oh ia, perlu anda ketahui juga jika ram sudah penuh maka akan membuat hp android kita menjadi lemot/lag bahkan restart.

Untuk penyebab android lemot, lag bahkan restart itu saja atau jika anda punya tambahan silahkan berbagi lewat kotak komentar. 

TIPS Sederhana Mengatasi HP Android Yang Mulai Lemot atau LAG

TIPS Sederhana Mengatasi HP Android Yang Mulai Lemot atau LAG


1. Kurangi dan Hapus Aplikasi Yang Tidak Di Butuhkan

Tips yang pertama adalah jika ada aplikasi yang anda rasa tidak diperlukan ataupun kurang dipakai, maka anda bisa untuk menghapusnya.

2. Hapus Cache Secara Rutin

Aplikasi seperti socmed dan browser tentunya dapat menumpuk banyak cache maka saran saya adalah hapus cache tersebut, anda dapat menggunakan aplikasi semacam clean master untuk mengatur cache bahkan memori yang ada pada hp android anda.

3. Gunakan Task-Killer

Gunakan aplikasi task-killer semacam clean master untuk membersihkan ram, dengan itu hp android anda setidaknya akan lebih ringan dan jarang untuk restart.

4. Downgrade atau Ganti ROM

Jika anda merasa os yang ada update terasa lemot ataupun rom yang anda gunakan kurang sesuai dengan harapan anda, maka anda dapat melakukan downgrade atau ganti rom ke rom sebelumnnya yang anda gunakan atau yang anda rasa paling stabil.

Sumber Gambar : Google Images

Oke, mungkin itu saja tips dan informasi yang saya berikan seputar Penyebab HP Android Menjadi Lag, Lemot, dan Sering Restart + cara mengatasinya semoga bermanfaat dan berguna bagi anda. Terimakasih dan Tuhan Memberkati.