Minggu, 12 Oktober 2014

5 APLIKASI ANDROID ROOT TERPOPULER

Sebelumnya, sudah tahukah anda apa itu Root ? Jika belum tahu silahkan membaca artikel yang sebelumnya, di artikel tersebut dibahas Apa itu Root?. Android merupakan salah satu OS mobile yang memiliki aplikasi dan game yang berlimpah, akan tetapi ada jenis aplikasi yang membutuhkan root

Biasanya aplikasi tersebut digunakan untuk mengedit file sistem, tweak, meningkatkan performa, mengakali sistem,dan lain sebagainya. Berikut ini 5 aplikasi android yang membutuhkan root terpopuler versi Riko Rapar Blog.

TOP 5 Aplikasi ROOT Android


1. ROOT EXPLORER (ROTEX)

ROOT Explorer Android
Tampilan dari ROTEX 
Ini merupakan salah satu file manager terpopuler di android yang telah di root, mengapa demikian ? karena dengan memberikan hak akses ke root explorer kita dapat masuk, menghapus, menambahkan, push, mengurangi, bahkan merusak sistem android.
Biasanya juga digunakan untuk men-push mod. Perlu di ingat aplikasi yang membutuhkan "root" tentu tidak aman, karena jika anda salah mengedit sistem maka bisa terjadi softbrick, misalnya bootloop.


2. FOLDERMOUNT
Foldermount Untuk Android
Tampilan dari Folder Mount
Masalah memori internal yang penuh karena mengintall game berat, merupakan salah satu masalah yang banyak di alami pengguna android yang suka bermain game. Tapi, ada satu cara untuk mengakali ini yaitu dengan Foldermount, dengan aplikasi ini kita dapat memindahkan data game berupa OBB, ke memori card.
Tetapi, perlu di ingat menggunakan aplikasi ini berisiko membuat sistem tidak stabil.

3. Gravity Box

Gravity Box Untuk Android
Tampilan Gravity Box

Gravity Box, adalah aplikasi yang berisi berbagai macam tweak untuk membuat smartphone anda lebih keren,dll. Contoh, tweak yang banyak digunakan dari Gravity Box adalah membuat navigasi bar dan status bar menjadi transparan , serta mengecilkan navigasi bar. Sebenarnya, buka hanya itu fungsi gravity box.

4. XPOSED INSTALLER

XPOSED INSTALLER
Tampilan Xposed Installer

Ini juga merupakan aplikasi yang membutuhkan root yang banyak digunakan. Apa fungsi aplikasi ini? fungsi aplikasi ini antara lain agar aplikasi seperti Gravity Box,dapat bekerja, jika anda tidak men-install aplikasi ini tentunya aplikasi seperti Gravity Box tidak akan membuat perubahan apapun pada sistem android yang anda gunakan.

Sebelum itu, berpikir panjang sebelum menggunakan aplikasi ini, karena berdasarkan peringatan yang tertulis di aplikasi ini, xposed installer dapat menyebabkan smartphone brick entah itu softbrick atau hardbrick.

5. LINK2SD

Link2SD
Add caption

Ini merupakan salah satu aplikasi yang membuat sebagian orang men-root android-nya, karena aplikasi ini dapat memindahkan aplikasi yang anda inginkan ke memori card. Perlu diperhatikan aplikasi ini berbeda dengan Foldermount yang hanya memindahkan data game (obb). Tidak jarang juga banyak yang mengalami bootloop karena menggunakan aplikasi ini, jadi tidak disarankan untuk anda gunakan.

Notes :
Saya tidak menyarankan untuk men-root smartphone android anda, dan juga tidak menyarankan menggunakan aplikasi-aplikasi dibawah ini, yang mungkin dapat menyebabkan berbagai kerusakan yang tidak di inginkan di smartphone anda.
Jadi, saya selaku penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi pada smartphone anda, semua kerusakan, ditanggung oleh anda sendiri.
Saya selaku penulis hanya berbagi informasi tentang android, tapi tidak menyarankan untuk melakukan rooting.

Jika ada aplikasi favorit (yang butuh root) untuk smartphone android, silahkan berbagi lewat kotak komentar.Terimakasih sudah mau membaca Tips dan Trick Android dari RikoRapar Blog, semoga bermanfaat dan Tuhan Memberkati :-D.